Konsep Dasar Sistem Pakar

Definisi
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.
Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Pengertian Sistem Pakar (Expert Sistem)

  •  Membuat S/W Expert Systems à program Sebagai penasehat/konsultan pakar


  •  Dapat mengumpulkan dan penyimpan pengetahuan seorang/beberapa orang pakar ke dalam kompputer à u/ semua orang yangcmemerlukan


  •  Tidak u/ menggantikan kedudukan seorang pakar ttp u/ memasyarakatkan pengetahuan & pengalamaan pakar tsb.


  • Memungkinkan orang lain meningkatkan produktivitas, memperbaiki kualitas keputusan dll.




·         Knowledge base berisi semua fakta, ide, hubungan

·         Motor inferensi bertugas u/ menganalisis pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan knowledge base.

·         S/W user interface berfungsi sbg media pemasukan pengetahuan ke dalam (KB)





Sedangkan konsep dasar dalam sistem pakar menurut Turban, 1993 adalah:
1. Keahlian (Expertise)
2. Pakar (Expert)
3. Transfer keahlian
4. Inferensi
5. Rule
6. Kemampuan memberikan penjelasan


Contoh Penggunaan Sistem Pakar

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI SISTEM PAKAR

• Akar Sistem Pakar pada banyak disiplin ilmu “cognitive science” yaitu study bagaimana orang memikirkan dlm pemecahan masalah. “cognitive processor” yaitu menemukan aturan yg akan diaktifkan.

Sistem Pakar yang terkenal

1. MYCIN
- Dirancang oleh Edward Feigenbaum (Universitas Stanford) th ’70 an
- Sistem Pakar medical yg dpt mendiagnosa infeksi bakteri & rekomendasi pengobatan antibiotik

2. DENDRAL
- Sistem Pakar struktur molekular & kimia

3. PROSPECTOR
- Membantu ahli geologi yg mencari & menemukan biji deposit (mineral& batubatuan)
- Didesign oleh Sheffield Research Institute,cakhir ‘70an

4. XCON (R1)
- Sistem Pakar konfigurasi sistem komputer dasar
- Dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC) dan Carnegie Mellon Universitas (CMU), akhir ’70 an
- Untuk sistem komputer DEC VAC 11 1780

5. DELTA
- Didesign & dikembangkan oleh General Electric Company
- Sistem Pakar personal maintenance dg mesin lokomotif listrik diesel.

6. YESMVS
- Didesign oleh IBM awal th ‘80an
- Membantu operator komputer & mengontrol sistem operasi MVS (multiple virtual storage)

7. ACE
- Didesign & dikembangkan oleh AT&T Bell Lab awal th ‘80an
- Sistem Pakar troubleshooting pd sistem kabel telpon

Heuristic Search

Teknik pencarian heuristik (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang 
bodoh dan memboroskan waktu.

• Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan 

kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).
• Untuk dapat menerapkan heuristik tersebut dengan baik dalam suatu domain tertentu, diperlukan suatu 
Fungsi Heuristik.

• Fungsi heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan 
seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.

Jenis-jenis Heuristic Searching:

♦ Generate and Test.
♦ Hill Climbing.
♦ Best First Search.
♦ Alpha Beta Prunning.
♦ Means-End-Anlysis.
♦ Constraint Satisfaction

Mengambil Contoh Hill Climbing

Seorang Turis ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui rute terpendek dimana setiap kota hanya boleh dikunjungi tepat 1 kali. Misal ada 4 kota dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut ini :





Solusi – solusi yang mungkin
dengan menyusun kota-kota dalam urutan abjad, misal : A – B – C – D : dengan panjang lintasan (=19)
A – B – D – C : (=18)
A – C – B – D : (=12)
A – C – D – B : (=13)
dst



Comments (0)